5 Rumus Excel Paling Populer yang Wajib Kamu Ketahui dan Kuasai

Rumus Excel - Excel merupakan sebauh software spreadsheet yang sangat sering digunakan di seluruh dunia. Software Excel ini hampir digunakan di semua bidang pekerjaan, mulai dari akutansi dan keuangan, statistik, industri, penelitian, dan bidang-bidang lainnya. Meski sudah banyak muncul software spreadsheet yang lain, Excel masihlah tetap tak tergoyahkan dan telah menjadi tolak ukur untuk software spreadsheet lainnya.

Sebagai salah satu produk yang ditujukan untuk software spreadsheet, fungsi utama Excel adalah untuk tempat mengelola data. Akan tetapi, seiring dengan perkembangan software tersebut, Excel juga sangat mumpuni untuk dimanfaatkan sebagai alat mengola teks, diagram, grafik, otomatisasi pekerjaan dengan menggunakan Macro, bahkan hingga digunakan sebagai alat Visual Basic for Application (VBA).

Teruntuk kamu yang memiliki bisnis atau pekerjaan yang berkaitan erat dengan data, maka wajib untuk menguasai Excel. Berikut ini rangkuman tentang 5 rumus Excel yang wajib diketahui dan dikuasai.

1. SUM.


Syntax: =SUM(number1,[number2],...)

SUM adalah salah satu rumus yang dapat membantu kamu dalam menjumlahkan data-data di cell. SUM juga dapat kamu gunakan untuk menambahkan data per cell, data dalam beberapa range sekaligus, dan data dalam satu range.

2. IF.


Syntax: =IF(logical_test,[value_if_true],[value_if_false])

IF mempunyai fungsi untuk menampilkan ataupun mengembalikan suatu nilai apabila kondisi atau pernyataan berniali BENAR, dan akan menampilkan kondisi atau pernyataan berniali SALAH. Fungsi dari IF juga dapat digunakan untuk banyak kondisi dengan cara mengkombinasikan beberapa fungsi IF sekaligus ataupun yang disebut dengan IF bersarang (fungsi IF di dalam IF).

Catatan: IF dapat digunakan secara bersamaan hingga 64 fungsi IF.

3. LOOKUP.


Syntax: =LOOKUP(lookup_value,array)

Untuk kamu yang tengah kesusahan mencari sebuah nilai data pada suatu kolom ataupun row, sepertinya rumus LOOKUP dapat menjadi pilihan yang tepat untuk digunakan. Bisa dikatakan bahwa LOOKUP sangat jarang digunakan dan sudah beralih fungsi ke HLOOKUP dan VLOOKUP.

4. VLOOKUP.


Syntax: =VLOOKUP(lookup_value, table_array, col_index_num, [range_lookup])

VLOOKUP memiliki fungsi untuk mencari suatu nilai data pada tabel atau range. Setelah nilai itu ditemukan, akan menampilkan sebuah nilai pada kolom yang lain dari tabel tersebut berdasarkan urutan kolom yang diinginkan. Salah satu contoh penerapan dari rumus VLOOKUP adalah menampilkan sebuah nomor telpon dari table data base nasabah.

5. MATCH.


Syntax: =MATCH(lookup_value, lookup_array, [match_type])

Kali ini kita akan membahas tentang fungsi MATCH yang sangat berguna untuk mencari sebuah nilai tertentu pada range, tabel, ataupun list. Setelah itu mengembalikan (menampilkan atau menghasilkan) posisi yang relatif pada nilai tersebut di range, tabel atau list. Outuput yang dimiliki rumus ini mempunyai fungsi berupa nomor urutan nilai yang dicari.

Contohnya seperti nama Andi, Burham, Citra, maka posisi relatif atau urutan Citra ada di nomor 3.

Sekian informasi tentang rumus Excel, semoga informasi dari kami dapat bermanfaat buat teman-teman dan sampai jumpa.

Sumber artikel: Berjuang.my.id