Tips agar Mata Tak Cepat Lelah Saat Tatap Layar Smartphone

Jika kamu menatap layar ponsel dalam waktu lama, mata kamu mungkin lelah dan memengaruhi kesehatan mata kamu. Agar lebih aman, ada sejumlah cara untuk melihat layar smartphone lebih nyaman.

Menyesuaikan pengaturan layar dan kebiasaan dengan smartphone dapat membantu menjaga mata kamu agar tidak cepat lelah. Opsi berikut dapat digunakan untuk membuat mata nyaman saat memainkan smartphone.

1. Kurangi kecerahan layar


Di dalam ruangan, kecerahan layar dapat diatur serendah mungkin karena cahaya sekitar tidak menghasilkan cahaya latar. Selain itu, penyesuaian kecerahan otomatis dapat digunakan sehingga tingkat kecerahan sesuai dengan kondisi sekitar.

2. Nyalakan mode pelindung mata dan mode gelap


Secara umum, smartphone modern memiliki fungsi pelindung mata. Fungsi ini mengatur warna cahaya layar ke tingkat yang paling nyaman untuk dilihat. Mode pelindung mata membuat cahaya layar lebih teduh, tampaknya tidak terlihat di mata, sehingga mata tidak cepat lelah. Fungsi mode gelap juga dapat digunakan untuk menekan jumlah cahaya yang diterima oleh mata.

3. Gunakan pelindung layar


Ada produk perlindungan layar dengan filter cahaya yang membuat tampilan layar lebih menyenangkan. Filter cahaya membuat layar sedikit lebih gelap, tetapi tidak mengurangi visibilitas pada layar smartphone.

4. Banyak berkedip


Jika kamu menatap layar smartphone untuk waktu yang lama, mata kamu menjadi kering. Ini terjadi karena ketika kamu melihat layar, frekuensi berkedip tanpa sadar berkurang dari normal 15 hingga 20 berkedip per menit menjadi hanya setengah. Cobalah untuk berkedip sesering mungkin ketika kamu menatap layar smartphone.

5. Sesuaikan jarak dan penggunaan


Jika kamu memegang smartphone terlalu dekat atau terlalu jauh, mata bekerja ekstra, sehingga cepat lelah. Jarak ideal untuk melihat layar ponsel cerdas adalah antara 30 dan 40 cm dari mata. Selain itu, masa manfaat sebaiknya tidak dibatasi terlalu lama.

Kesehatan mata saat menggunakan smartphone tidak boleh diabaikan. Oleh karena itu, OPPO A92 memiliki berbagai fungsi untuk membuat mata pengguna menyenangkan. Sistem operasi Color OS7 yang digunakan oleh OPPO A92 memiliki mode gelap, lampu latar AI, perisai biru dan layar sinar matahari yang mengurangi kelelahan mata saat melihat layar. Dengan fitur ini, bermain smartphone bisa lebih nyaman dan mengurangi efek kelelahan pada mata.

Selama bulan Ramadhan ini, OPPO mengundang konsumen untuk menyumbang dengan setiap pembelian produk menggunakan program #SejernihDepanMata, yang berlangsung dari 1 Mei hingga 31 Mei 2020. Informasi lengkap tentang donasi dapat ditemukan di sini.